Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Peduli Alam

Sebanyak 25 orang mahasiswa perwakilan Program Studi (prodi) MPMAT UAD menyelenggarakan kegiatan peduli kelestarian lingkungan. Kegiatan tersebut berupa program penanaman 1000 pohon Kiara Payung dengan tema “Pohon Makin Sedikit, Bernafas Makin Sulit”.

Tujuan kegiatan tersebut utamanya adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta memupuk kesadaran mahasiswa agar selalu peduli terhadap lingkungan sekitar. Global warming yang terus meningkat khususnya di daerah perkotaan Yogyakarta menjadi latar belakang utama kegiatan ini dilaksanakan. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mencatat suhu rata-rata sejak 2017-2018 mencapai 33,4 derajat celsius. Suhu tersebut merupakan suhu tertinggi dari 10 tahun terakhir.

Di samping itu, asap kendaraan bermotor juga menyebabkan polusi udara yang mengancam kesehatan. Hal ini menjadi alasan mengapa pohon sebagai penyedia udara segar sangat dibutuhkan untuk mengatasi polusi udara yang mencemari lingkungan dan juga sebagai penyebab utama pemanasan global. Namun ketersedian lahan bebas semakin sedikit sehingga program penghijauan selalu terkendala.

Penanaman pohon dilaksanakan di Kelurahan Wirokerten, Bantul, pada hari Selasa 6-8 Februari 2018. Kegiatan dilakukan secara 2 tahap. Tahap pertama yaitu pembukaan dan pengarahan yang dilaksanakan pada hari pertama, kemudian penanaman pohon yang dilaksanakan 2 hari esoknya. “Alam yang semakin rusak perlu penanganan yang serius, sehingga kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dan prodi MPMAT UAD terhadap alam“ ucap Dr. Andriyani, M.Sc., dalam sambutannya selaku pendamping program ini. Ia menambahkan bahwa daerah yang masih tersedia lahan bebas seperti ini, harus dimanfaatkan untuk pelestarian lingkungan dengan cara ditanami pohon-pohon yang nantinya akan menjadi paru-paru kota.

Kegiatan ini diterima baik oleh aparat daerah serta warga setempat. Sebanyak 6 orang warga setempat, serta Kepala Dukuh dan Ketua RT. 001 hadir untuk mendukung kegiatan ini. Kepala Dukuh Kelurahan Wirokerten Bantul, Triyono, menyebutkan bahwa warga selalu mendukung terhadap kegiatan-kegiatan positif terutama kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. “Memang saat ini kelestarian alam sudah mulai diabaikan oleh masyarakat, sehingga kalau bukan kita yang menyadari dan melaksanakannya, siapa lagi?” ujarnya. (/Maulidiah)