Prodi MPMAT UAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penelitian dan Publikasi

Diikuti Guru Kelas SD dan Guru Matematika SMP/MTs di Bantul Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul adakan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penelitian dan Publikasi bagi Guru Kelas SD dan Guru Matematika SMP/MTs di Kabupaten Bantul”, Sabtu (17/7/2021), melalui Google Meeting.

Tujuan workshop atau pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi para Guru Kelas SD dan Guru Matematika SMP/MTs di lingkungan Dinas Dikpora Kabupaten Bantul. “Khususnya kemampuan dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah di jurnal ilmiah,” kata Dr Suparman, MSi, DEA, Ketua Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) FKIP UAD Yogyakarta.

Workshop ini, kata Suparman, sangat diperlukan oleh para guru. “Mengingat menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal ilmiah masih menjadi masalah bagi para guru,” terang Suparman.

Terlebih, guru memerlukan karya ilmiah yang dipublikasikan sebagai syarat kenaikan pangkat. Dan mengikuti workshop penelitian serta publikasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan diri bagi guru dalam menghadapi tuntutan profesi. “Agar para guru tetap unggul, baik di masa kini maupun masa mendatang,” ungkap Suparman.

Dikatakan Suparman, dengan memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian dan publikasi, para guru akan mudah dalam penyebarluasan pelbagai hasil pengembangan dan temuan ilmu pengetahuan di masyarakat luas.

Workshop penelitian dan publikasi yang diikuti secara online oleh 100 guru Matematika SMP/MTs dan guru kelas SD itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bantul, Drs Isdarmoko, M.Pd, M.Par, didampingi Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMP Dr Suprapto, M.Si.

Workshop semacam ini telah dilakukan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD secara rutin. Namun, workshop bagi guru Matematika SMP/MTs dan guru kelas SD di lingkungan Dinas Dikpora Kabupaten Bantul baru pertama kali dilakukan. Rencana, workshop ini akan dilakukan sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 4 minggu ke depan.

Pemateri workshop adalah para dosen Magister Pendiidikan Matematika FKIP UAD, di antaranya Dr Suparman, MSi, DEA, Dr Andriyani, M.Si dan Anggit Prabowo, M.Pd.

Dalam pengantarnya, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa kegiatan ini mendukung kebijakan Permen PAN dan RB 16 Tahun 2009. “Utamanya terkait kenaikan jabatan fungsional guru,” kata Drs Isdarmoko, M.Pd, M.Par.

Menurut Isdarmoko, nilai angka kredit guru tinggi untuk komponen pendidikan. “Namun rendah untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan, terutama pada publikasi ilmiah,” papar Isdarmoko, yang mengucapkan terima kasih kepada UAD karena telah melakukan kerjasama dalam bentuk workshop penelitian dan publikasi bagi para guru.

Sedangkan Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMP, Dr Suprapto, M.Si, menambahkan, kegiatan ini jadi kesempatan bagus. “Karena diperlukan dalam kenaikan pangkat guru di Bantul yang terkendala di publikasi,” kata Suprapto.

Banyaknya penelitian dan publikasi merupakan salah satu indikator yang menunjukkan di sekolah tersebut memiliki sumber daya manusia yang unggul. Dan, mereka semua merupakan modal utama untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dalam segala bidang.

Ditambahkan Suparman, penelitian merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah dalam rangka menemukan solusi terhadap suatu permasalahan yang timbul.

“Sedangkan hasil penelitian yang dituliskan dalam bentuk karya ilmiah serta dipublikasikan di jurnal ilmiah merupakan upaya diseminasi agar hasil penelitian dapat dibaca dan diaplikasikan oleh orang lain,” kata Suparman.

Dengan demikian, penelitian dan publikasi dapat menjaga keberlangsungan iptek agar manfaatnya bisa dirasakan oleh siapapun. “Termasuk guru,” tandas Suparman.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang berbagi pengalaman dan kerjasama. Dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan jumlah karya ilmiah berupa artikel yang dipublikasi oleh dosen dan mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD Yogyakarta.

Publikasi dosen dan mahasiswa merupakan salah satu keunggulan dari Prodi Magister Pendidikan Matematika FKIP UAD Yogyakarta (Affan).