Prodi MPMat adakan Workshop Pembelajaran Matematika dan Karakter bagi Guru Matematika di Kota Yogyakaarta

Yogyakarta – Bertempat di Kampus 2 unit B UAD, Kamis 10 Januari 2019, Program studi Magister Pendidikan Matematika (MPMat) UAD menyelenggarakan Workshop Strategi Pembentukan Karakter Positif Peserta Didik melalui Pembelajaran Matematika. Hadir sebagai nara sumber kegiatan tersebut adalah Sugiyarto, M.Si., Ph.D., dosen FMIPA Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen program studi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama pengabdian kepada masyarakat pendidikan serta sebagai sarana program studi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada guru-guru matematika SMP, SMA, dan SMK di Kota Yogyakarta dalam menanamkan karakter positif kepada anak didik melalui pembelajaran matematika.  

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi MPMat, Dr. Suaprman, M.Si., DEA. didampingi Sekretaris program studi, Anggit Prabowo, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Suparman, M.Si., DEA. menyampaikan informasi tentang program studi MPMat, diantaranya adalah program studi MPMat UAD memiliki berbagai keunggulan diantaranya adalah telah terakreditasi B oleh BAN-PT, program berbagai beasiswa, study tour ke luar negeri, penerimaan mahasiswa per semester, dan desain perkuliahan yang dapat diselesaikan cukup dalam 3 semester (1,5 tahun).

Sementara itu, Sugiyarto, Ph.D. menekankan bahwa penanaman karakter tidak cukup disampaikan secara lisan, namun guru harus memberikan tauladan kepada anak didik. Selain itu, orientasi dalam mendidik anak janganlah pada fasilitas yang diberikan namun realitas yang ditunjukkan kepada anak.