ORIENTASI PRODI DAN KULIAH PERDANA MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP 2020/2021


Mengawali kegiatan perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2020/2021, Program Studi Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) FKIP UAD adakan Orientasi Prodi dan Kuliah Perdana via daring. Kegiatan rutin tiap awal semester ini dihadiri oleh mahasiswa baru dan mahasiswa aktif lainnya beserta dosen pengampu masing-masing mata kuliah acara diawali dengan sambutan oleh Dr. Suparman, M.Si., DEA. selaku Ketua Program Studi.

Pada kuliah perdana kali ini, Sabtu, 6 Maret 2021, MPMAT menghadirkan Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd. sebagai narasumber yang kemudian acaranya dimoderatori oleh Dr. Andriyani, M.Si. Diakui oleh Prof. Hardi bahwa beliau yang merasa lebih berpengalaman dalam bidang kualitatif dari pada kuantitatif dengan mengusung konsep belajar mengajar di Finlandia yang menyebutkan Sedikit mengajar, banyak belajar Prof Hardi tidak merasa terbebani  untuk menjadi narasumber di kuliah perdana kali ini dengan mengusung tema Desain Penelitian Mixed Method di Masa Pandemi.

“Dalam Six Mixed Methods Design Strategies saya lebih menekankan kepada Sequential Explanatory, Sequential Exploratory dan Concurrent Triangulation karena yang lebih sering digunakan dan sering kita amati serta kita lihat,” ujar Prof. Hardi. Adapun Six Mixed Methods Design Strategies yang disampaikan  diantaranya yaitu Sequential Explanatory, Sequential Exploratory, Sequential Transformative, Concurrent Triangulation, Concurrent Nested dan Concurrent Transformative.

Prof. Hardi menuturkan bahwa dalam proses perkuliahan beliau lebih senang mengajar mahasiswa jenjang S2 karena selama proses pembelajaran mahasiswalah yang akan mengajar. Dan untuk mahasiswa S3 baik dosen dan mahasiswa akan akan sama-sama belajar. Sedangkan untuk jenjang S1 dosenlah yang akan mengajar.

Dengan tema yang diangkat oleh Prof. Hardi ini diharapkan mahasiswa  dapat menghadapi tantangan baru dalam proses pengerjaan tesis dan penelitian dimasa pandemi COVID-19 dengan berpikir kritis dan dinamis.