MPMat UAD adakan Pelatihan Pembelajaran Matematika Berorientasi HOTS

Harus diakui, pembelajaran matematika sampai sekarang masih dianggap sulit. Kesan itu, ada pada siswa, orangtua bahkan gurunya sendiri. Hal ini terjadi karena pembelajaran matematika disampaikan guru-guru konvensional, materinya kurang kontekstual. Ada baiknya, mata pelajaran apapun, isi dan cara pembelajaran disampaikan sesuai zamanya, apalagi menghadapi siswa generasi milenial. Misalnya dengan pembelajaran matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Demikian diungkapkan Dr. Supinah, dosen Magister Pendidikan Matematika (MPMat) Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam Workshop Pembelajaran Matematika HOTS di kampus 2 UAD, Selasa (30/04/2019). Kegiatan tersebut dibuka dan diberi pengantar Dr. Suparman, M.Si., DEA., Kaprodi MPMat Program Pascasarjana UAD. Workshop diikuti guru Matematika SMP dan SD se-Kabupaten Bantul dan sekitarnya.

Menurut Dr. Supinah, HOTS bukan mata pelajaran. HOTS adalah tujuan akhir melalui pendekatan, proses, metode pembelajaran. HOTS dapat ditanamkan melalui pembelajaran berbasis masalah. “Dari masalah yang ada dipelajari, mengeksplorasi pengalaman siswa agar muncul solusi. Penerapan HOTS dilakukan dengan memanfaatkan pengalaman belajar melalui proses kreatif,” tandasnya.

Dr. Suparman dalam pengantar antara lain, mengatakan, bahwa kurikulum di MPMat UAD didesain dapat diselesaikan dalam 3 semester. Untuk mendorong agar cepat selesai, proses penulisan tesis sudah mulai didesain sejak semester pertama. Untuk menambah daya saing global, MPMat memiliki program unggulan yaitu Student Mobility ke perguruan tinggi di luar negeri Singapura, Malaysia dan Thailand. Di sana mereka mempresentasikan karya ilmiahnya dan dipublikasikan di jurnal/prosiding internasional terindeks Scopus. (Jay,Agt)

Materi pelatihan dapat didownload di sini.