MPMat adakan Workshop Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika

Yogyakarta – Bertempat di Kampus 2 unit A UAD, Rabu 7 November 2018, Program studi Magister Pendidikan Matematika (MPMat) UAD menyelenggarakan Workshop Strategi Pembentukan Karakter Positif Peserta Didik melalui Pembelajaran Matematika. Hadir sebagai nara sumber kegiatan tersebut adalah Dr. Suprapto, M.Si., dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul sekaligus dosen program studi MPMat UAD. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen program studi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Bantul dalam menanamkan nilai-nilai karakter mulia kepada peserta didik melalui pembelajaran matematika sekaligus sebagai upaya pengenalan program studi kepada masyarakat pendidikan.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Program Pascasarjana UAD, Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt. “Program studi MPMat berdiri tanggal 9 September 2016 dan sudah terakreditasi B oleh BAN-PT dengan nomor SK: 1922/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2018”, demikian kata Ketua Prodi MPMat, Dr. Suparman, M.SI., DEA. didampingi Sekretaris Prodi, Anggit Prabowo, M.Pd.
Dr. Suprapto dalam paparannya menekankan bahwa untuk mewujudkan peserta didik yang santun maka sebagai seorang guru harus mampu menyentuh hati peserta didik dengan sering menyapa dan memperi perhatian kepada peserta didik. Kaitannya dengan matematika, sesungguhnya prosedur penyelesaian soal matematika merupakan upaya membentuk karakter peserta didik. Dalam menyelesaikan soal-soal matematika mengajarkan tentang kegigihan, ketelitian, kekonsistenan, konsisten, dan tanggung jawab.