Menjembatani Pembelajaran dan Keterampilan bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Yogyakarta, 01 Juli 2024 – Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan
menyelenggarakan seminar bertajuk “Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi” yang diadakan di
kampus Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta berbagai praktisi
pendidikan yang antusias mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan. Seminar ini bertujuan
untuk mengetahui media dan keterampilan yang akan diterapkan kepada siswa Anak Berkebutuhan
Khusus (ABK).
Seminar ini menampilkan dua narasumber utama, yaitu Laila Fatika Nuari, M.Pd dan Mutiara Ayu
Namiroh, S.Pd. Laila Fatika Nuari, M.Pd, seorang pengajar dalam bidang Pendidikan Anak
Berkebutuhan Khusus, membuka sesi dengan penjelasan mendalam tentang pentingnya
pembelajaran berbasis keterampilan. Menurut beliau, di Sekolah Luar Biasa (SLB) aspek akademik
tidak terlalu ditonjolkan, melainkan keterampilan seperti membatik yang menjadi fokus utama.
Selanjutnya, Mutiara Ayu Namiroh, S.Pd menjelaskan media yang digunakan untuk mendukung
pembelajaran ABK. Mutiara menunjukkan contoh media yang digunakan untuk anak tuna grahita
berupa amplop kantung berhitung dan map dari kain flanel dengan gambar mobil. Media ini
membantu anak menghitung jumlah mobil yang tertera. Beliau menekankan pentingnya observasi ke
sekolah sebelum membuat media untuk mengetahui kondisi anak tersebut secara langsung.
Selain itu, terdapat tiga kelompok yang mempresentasikan produk atau media yang mereka
kembangkan untuk ABK. Setiap kelompok menampilkan inovasi yang bertujuan untuk mendukung
pembelajaran yang efektif bagi siswa dengan kebutuhan khusus.
Dengan seminar ini, diharapkan para pendidik dapat lebih memahami dan mengimplementasikan
metode pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif bagi anak berkebutuhan khusus.