Magister Pendidikan Matematika UAD Selenggarakan Pelatihan HOTS
Yogyakarta – Bertempat di ruang sidang kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan, 20 Agustus 2018, Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Workshop Pengembangan Soal Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Sosialisasi Program Studi Magister Pendidikan Matematika UAD. Peserta workshop ini adalah guru-guru matematika pada lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, mahasiswa dan dosen Magister Pendidikan Matematika, serta dosen strata satu Pendidikan Matematika UAD. Sebagai Pembicara utama adalah Dr Supinah, dari P4TK Matematika Yogyakarta.
Dr Supinah mengungkapkan Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. saat ini Ujian Nasional sudah menerapkan soal-soal C 4 atau analisis yang bagian dari pembelajaran berkonten nalar tinggi (HOTS). ”Satu sisi adalah upaya pemerintah untuk memperbaiki tingkat pemahaman siswa agar menjadi lebih baik. Tapi sayangnya pembelajaran HOTS belum dilakukan oleh mayoritas guru Indonesia didalam kelas, dan baru di sekolah sekolah yang favorit,” ungkapnya.
Dia menuturkan mayoritas siswa kelas IX yang mengikuti ujian nasional itu masih menggunakan kurikulum 2006 yang menggunakan pendekatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Sedangkan pendekatan HOTS diterapkan untuk kurikulum 2013.
”Sebagian besar kelas IX SMP mayoritas belum gunakan kurikulum 2013. Masih pakai KTSP masih mengunakan pendekatan LOTS, low order thinking skill,”
Dr Supinah menuturkan perlu ada pelatihan berkelanjutan seperti ini kepada para guru terkait dengan materi HOTS, dan sangat mengapresiasi kepada Universitas Ahmad Dahlan yang menginisisasi pelatihan ini.