Seminar : Strategi Sukses ke Jenjang Magister

Potret Kegiatan Seminar MPAT UAD
Yogyakarta, 15 Januari 2025 – Program Studi Magister dan Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (MPMAT UAD) sukses menggelar seminar bertema “Orientasi Studi Lanjut: Meningkatkan Kompetensi melalui Jenjang Magister.” Acara ini dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan Pendidikan Matematika dan STKIP PGRI Lumajang, mahasiswa S2 PMAT UAD, serta dosen UAD Prodi Pendidikan Matematika dan perwakilan dosen STKIP PGRI Lumajang. Bertempat di Educator Hall Kampus 4 UAD. Seminar ini membahas pentingnya literasi numerasi, strategi penyusunan tugas akhir, serta memperkenalkan program unggulan MPMAT UAD.
Program Magister Pendidikan Matematika UAD (MPMAT UAD) menawarkan kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan pendidik, peneliti, dan praktisi yang kompeten. Dr. Andriyani, M.Si., selaku ketua prodi MPMAT UAD, menjelaskan bahwa keunggulan program ini terletak pada penyelarasan kurikulum dengan tantangan dunia pendidikan modern. Selain itu, fasilitas berbasis teknologi, dan lingkungan akademik yang kondusif. Sehingga lulusan MPMAT UAD berkompeten dalam menghadapi dunia kerja dan akademik.
Baca juga berita terkait : MPMAT UAD gelar joint seminar dengan Naruto University
Lebih lanjut, dalam sesi diskusi, Rima Aksen Cahdriyana, S.Pd., M.Pd., sebagai dosen Pendidikan Matematika UAD, bersama Moch. Fauzi, M.Pd., dari STKIP PGRI Lumajang, turut menyoroti pentingnya literasi matematika sebagai keterampilan utama dalam pendidikan lanjutan. Kedua narasumber juga menekankan bahwa pemahaman konsep matematis yang kuat menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan studi magister. Selain itu, mereka membahas bagaimana proses penyusunan skripsi tidak hanya mengasah keterampilan akademik, tetapi juga membangun pola pikir analitis yang diperlukan dalam riset pendidikan.
Terakhir, Dr. Andriyani, M.Si., mengundang para lulusan S1 untuk bergabung MPMAT UAD. Beliau menekankan bahwa program magister ini tidak hanya memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pendidikan matematika. Tetapi juga membuka peluang kolaborasi dengan para akademisi dan praktisi di bidangnya. Di akhir sambutannya, Dr. Andriyani memberikan pesan motivasi kepada seluruh peserta. Beliau menekankan pentingnya peran pendidik dalam membangun masa depan yang lebih baik. “Kami percaya bahwa bersama, kita dapat mendorong perubahan positif dalam pendidikan matematika. Dengan semangat belajar yang tinggi dan komitmen untuk terus berkembang, kita dapat menciptakan inovasi yang membawa manfaat bagi dunia pendidikan,” tutupnya dengan penuh semangat.